Etika Customer Service Yang Wajib Diketahui Saat Menangani Customer

July 24, 2022

Menjadi customer service dalam bisnis tentunya bukan hal yang mudah. Selain harus bisa mencapai standar yang ditentukan, tentunya menjadi customer service juga harus memperhatikan etika.


Etika customer service sendiri sebenarnya sangat penting bagi customer service karena customer service merupakan ujung tombak bisnis yang langsung berhubungan dengan customer.


Sebagai orang yang berhubungan dengan customer secara langsung, customer service tentunya harus menjaga beberapa hal yang dapat berpengaruh pada nama bisnis tersebut.


Hal-hal tersebut sendiri semuanya tercantum pada etika customer service yang tentunya perlu kamu ketahui jika kamu saat ini merupakan seorang customer service.


Berikut ini beberapa etika customer yang wajib kamu ketahui sebagai customer service yang dapat diterapkan yah!


Selalu Bersikap Ramah & Sopan


Kunci utama dalam menjadi customer service yang baik adalah selalu bersikap ramah dan sopan. Ini pun menjadi salah satu etika customer service yang harus kamu ketahui.


Tentunya ketika customer menghubungi bisnis, mereka ingin mendapatkan customer service yang bisa bersikap ramah dan sopan sehingga masalah yang dimiliki bisa dijelaskan dengan lebih mudah.


Jika customer service bersikap tidak ramah bahkan hingga tidak sopan, bisa dibilang ini akan bisa memengaruhi pandangan customer terhadap bisnis tersebut loh.


Bahkan dampak paling buruknya customer bisa saja berpindah / berpaling ke kompetitor kamu sebagai tanda kekecewaan akan pelayanan yang diberikan.


Menjadi Pendengar yang Baik


Seorang customer tentu harus bisa menjadi pendengar yang baik. Hal ini karena customer yang menghubungi tentunya akan menceritakan berbagai masalah yang dialaminya.


Sebagai seorang customer service, bisa mendengarkan dengan baik berbagai keluh kesah dari customer merupakan sebuah hal wajib. 


Ini pun menjadi salah satu etika customer service ketika menangani customer yah. Oleh karena itu, tidak heran banyak customer akan mendengarkan sampai tuntas setiap cerita atau keluh kesah yang diberikan oleh customer tanpa menyelak mereka ketika sedang berbicara.


Memberikan Solusi Pada Hal yang Dihadapi Customer


Selain kedua hal di atas, salah satu etika customer service yang mungkin saat ini sudah mulai dilupakan dan tidak diterapkan adalah memberikan solusi kepada customer terkait masalah yang dihadapi.


Biasanya  customer service saat ini sangat jarang memberikan solusi yang tepat, mereka biasanya hanya meminta customer untuk menunggu atau mencoba kembali.


Tentunya ini bukan sebuah solusi yang diinginkan oleh customer yang menghubungi customer service. Oleh karena itu, customer service harus bisa memberikan solusi yang tepat pada hal yang dihadapi customer. 


Memberikan Pelayanan Hingga Tuntas


Selain memberikan solusi yang tepat, customer service juga harus bisa memberikan pelayanan hingga tuntas kepada customer.


Hal ini tentu berpengaruh pada customer experience yang dirasakan customer. Jika customer service tidak memberikan pelayanan hingga tuntas.


Beberapa contoh pelayanan hingga tuntas yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh customer tersebut hingga tidak ada sama sekali.


Untuk dapat menunjang kegiatan customer service, tentunya customer service yang kamu miliki harus memiliki platform komunikasi yang dapat membantu kinerja mereka.


Salah satu platform yang bisa digunakan customer service saat ini sendiri adalah WhatsApp Business Platform loh. Dengan berbagai fitur dan layanan yang dimiliki WhatsApp Business Platform sangat cocok menjadi solusi platform komunikasi bisnis.


Saat ini sendiri untuk menggunakan WhatsApp Business Platform, kamu bisa menghubungi penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang ada. Salah satunya adalah Wappin yah.


Wappin adalah penyedia layanan WhatsApp Business Platform dan secara resmi bekerjasama langsung dengan WhatsApp sebagai WhatsApp Business Service Provider (BSP).


Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut silahkan kunjungi Wappin.id untuk informasi lengkapnya! Tim kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan kamu tentang WhatsApp Business Platform loh.

Tulis Komentar

Komentar 0

Jelajahi Artikel lainya

TIPS
Apa Saja Halangan Yang Akan Dihadapi Customer Service Dalam Bisnis?
October 27, 2020
TIPS
Kewalahan Menghadapi Customer Hanya Dengan 2 Admin? Coba Gunakan Cara Ini!
September 9, 2020
TIPS
Apa Yang Dibutuhkan Customer Service Saat Ini?
October 5, 2021
TIPS
Trik Meningkatkan Engagement Dengan Broadcast Messages WhatsApp Business API!
October 12, 2020
TIPS
4 Alasan Kenapa Whatsapp Business API Bisa Bantu Tingkat Bisnis Kamu
January 22, 2020

Download E-Book Terbaru Dari Wappin

map
Jelajahi pustaka freemium Wappin dan dapatkan berbagai insights tentang customer relationship management yang bisa kamu implementasikan di bisnismu. See Detail