Melatih Chatbot AI sebagai Customer Service, Apakah bisa?

Chatbot AI sebagai customer service merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan bisnis jika ingin menghadirkan layanan customer service yang lebih baik.
Mengapa bisa lebih baik? Tentunya bukan tanpa alasan, hal ini karena fitur dan kelebihan yang dimiliki Chatbot AI sebagai customer service loh.
Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang kelebihan yang dimiliki Chatbot AI sebagai customer service yah. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut apakah melatih Chatbot AI sebagai customer service bisa dilakukan bisnis.
Sebelum menjawab hal tersebut, tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana chatbot AI bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan yah.
Memberikan Informasi Awal Sebelum menggunakan Chatbot
Dalam menggunakan Chatbot AI, tentunya harus ada data atau informasi awal yang diberikan bisnis kepada chatbot tersebut sebelum memulai menggunakannya.
Biasanya chatbot akan diberikan berbagai informasi sebagai database untuk membantu menjawab pertanyaan dari customer.
Data-data yang diberikan juga tentunya data-data penting yang akan sering ditanyakan oleh customer kepada bisnis melalui Customer Service.
Pemberian data awal ini sendiri bisa dibilang sebagai dasar atau landasan untuk chatbot AI bekerja. Dimana tentunya kedepannya nanti akan semakin banyak data yang dimiliki chatbot ini baik dari update ataupun pembelajaran yang dialami.
Melakukan Update Informasi Secara Berkala
Tentunya walau bisa belajar sendiri terhadap berbagai hal yang dihadapi, chatbot tetap harus mendapatkan update informasi yang dimiliki.
Biasanya update informasi pada chatbot sendiri dilakukan secara berkala tergantung pada keinginan bisnis tersebut dan juga urgensinya.
Hal ini tentunya dengan tujuan membuat chatbot tetap bisa relevan saat menjawab pertanyaan yang masuk dan dapat memberikan kepuasaan kepada pelanggan dengan jawaban tersebut.
Biasanya update informasi ini sendiri akan berisikan berbagai informasi baru atau pun informasi lama yang mengalami perubahaan atau update yah.
Walau harus di update secara berkala, tentunya kamu tidak perlu takut bahwa update ini akan mengharuskan kamu memberikan update secara besar karena biasanya chatbot bisa belajar sendiri dan menemukan jawaban yang tepat dari berbagai pertanyaan yang tidak terjawab.
Tentunya dengan penjelasannya di atas, dapat disimpulkan bahwa melatih Chatbot AI sebagai customer service bisa dilakukan bisnis asal sesuai dan cocok.
Penggunaan chatbot AI pun saat ini bisa dibilang tidak sulit. Pasalnya banyak penyedia layanan platform komunikasi yang menyediakan opsi chatbot untuk bisnis.
Salah satu contohnya adalah WhatsApp Business Platform yang dimana platform komunikasi ini menyediakan fitur chatbot untuk digunakan loh.
Penasaran dengan WhatsApp Business Platform Wappin dan ingin tahu lebih lanjut? Kunjungi Wappin.id untuk informasi lengkapnya yah!
Komentar 0