Mencegah "Kematian" Customer Service Di Era Digital Dengan Cara Ini!

August 2, 2022

Di era digital “Kematian” customer service konvensional banyak dibicarakan. Walau bisa dibilang belum ada studi atau bukti yang menyatakan bahwa customer service akan mati di era digital ini.


Namun, lambat laun hal ini bisa terlihat. Dimana semakin sedikitnya bisnis atau perusahaan yang memiliki customer service konvensional menggunakan telepon. 


Perlu kamu ketahui, customer service saat ini sendiri banyak menggunakan platform komunikasi berbasis chat yang dengan mudah menjangkau customer.


Sebagai contohnya saja saat ini banyak customer service yang memanfaatkan platform WhatsApp Business Platform sebagai platform komunikasi customer service loh.


Langkah seperti itu sendiri sebenarnya bisa membantu “kematian” customer service di era digital ini karena customer service menyesuaikan dengan perkembangan yang ada dan tetap mudah menjangkau atau dijangkau customer loh.


Lalu, apa itu WhatsApp Business Platform sebenarnya? Kenapa platform ini bisa mencegah “kematian” customer service di era digital saat ini?


WhatsApp Business Platform


Secara sederhana dan singkat WhatsApp Business Platform bisa dibilang sebagai platform komunikasi yang khusus dibuat oleh WhatsApp untuk membantu bisnis enterprise dalam berkomunikasi.


Hadirnya WhatsApp Business Platform sendiri melengkapi platform komunikasi yang sudah dihadirkan WhatsApp. Dimana terdapat WhatsApp dan juga WhatsApp Business yang bisa digunakan secara gratis.


Tentunya sekilas kamu mengira bahwa WhatsApp Business Platform dan WhatsApp Business merupakan platform komunikasi yang sama?


Pada kenyataannya sendiri sebenarnya hal ini tidaklah sama. Bisa dibilang WhatsApp Business Platform memiliki fitur yang lebih mumpuni dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa.


Berbagai fitur yang ada pada WhatsApp Business Platform sendiri bisa dibilang sangat membantu bisnis dalam berkembang khususnya dalam hal komunikasi kepada customer.


Berbagai Fitur WhatsApp Business Platform Wappin 


Pertama ada chatbot yang merupakan fitur yang dapat membantu kamu membalas customer dengan cepat. Melalui chatbot kamu bisa membalas pesan customer dalam hitungan detik.


Selain itu, terdapat juga fitur chat panel yang dimana melalui fitur ini customer service bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan customer secara real time.


Lalu, ada juga fitur broadcast messages dimana melalui fitur ini kamu bisa mengirimkan pesan dengan mudah kepada customer baik itu dalam bentuk promosi atau informasi yah.


Terakhir, terdapat juga dashboard yang ada. Dimana melalui dashboard kamu bisa melihat statistik pengiriman pesan melalui WhatsApp Business Platform ini.


Menggunakan WhatsApp Business Platform


Untuk dapat menggunakan WhatsApp Business Platform tentunya ada cara berbeda dengan menggunakan versi WhatsApp lainnya yang bisa diunduh langsung dari app store atau situs resmi WhatsApp.


Salah satu cara untuk menggunakan solusi WhatsApp Business Platform adalah bisnis harus menggunakan layanan WhatsApp Business Solution Provider (BSP), atau perusahaan pihak ketiga yang secara resmi bekerjasama dengan WhatsApp dan Meta untuk menghadirkan solusi WhatsApp Business Platform.


Salah satu WhatsApp sebagai WhatsApp Business Service Provider (BSP) yang ada dan dapat menjadi pilihan untuk kamu sendiri adalah Wappin. 


Wappin sendiri secara resmi bekerjasama langsung dengan WhatsApp sebagai WhatsApp Business Service Provider (BSP) untuk menghadirkan WhatsApp Business Platform di Indonesia.


Nah, untuk kamu yang tertarik dan ingin tahu lebih lanjut silahkan kunjungi Wappin.id untuk informasi lengkapnya yah. Agent kami akan dengan senang hati membantu dan menjawab pertanyaan dari kamu loh!

Tulis Komentar

Komentar 0

Jelajahi Artikel lainya

TIPS
Menggunakan WhatsApp Business Platform Wappin, Dapatkan Layanan Support 24/7
July 13, 2022
TIPS
Apa Saja Yang Harus Ada Dalam Platform WhatsApp Business API?
February 8, 2021
TIPS
Kenapa WhatsApp Bussiness API Cocok Sebagai Platform Customer Service Anda?
May 31, 2021
TIPS
Hilangkan Kebiasaan Telat Membalas Customer Dengan Bantuan Platform Ini!
November 19, 2021
TIPS
Trik Meningkatkan Engagement Dengan Broadcast Messages WhatsApp Business API!
October 12, 2020

Download E-Book Terbaru Dari Wappin

map
Jelajahi pustaka freemium Wappin dan dapatkan berbagai insights tentang customer relationship management yang bisa kamu implementasikan di bisnismu. See Detail