Ramai Pemblokiran Oleh Kominfo, Bagaimana Nasib WhatsApp?

August 5, 2022

Kebijakan PSE Kominfo akhir-akhir menjadi bahan pembicaraan yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Pasal beberapa penyedia layanan sempat mengalami pemblokiran oleh pihak Kominfo.


Secara singkat, PSE adalah istilah yang digunakan oleh Kominfo untuk menyebut pihak ketiga yang menyelenggarakan sistem elektronik di Indonesia.


Dikutip dari aptika.kominfo.go.id, PSE atau Penyelenggara Sistem Elektronik adalah setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada pengguna sistem elektronik lainnya untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lainnya.


PSE ini sendiri terdiri dari PSE Domestik dan PSE Asing. Kamu sendiri dapat melakukan cross check beberapa penyedia layanan yang terdaftar di PSE melalui website Kominfo di pse.kominfo.go.id.


Pastinya kamu akan bertanya-tanya apakah WhatsApp sebagai platform komunikasi apakah saat ini sudah terdaftar pada PSE Kominfo?




Jawabannya sendiri sudah. Berdasarkan data yang dilihat oleh tim Wappin, WhatsApp sudah terdaftar sebagai PSE Asing sebagai platform komunikasi yah.


Sehingga tentunya kamu tidak perlu khawatir bahwa WhatsApp akan terblokir atau tidak bisa digunakan saat ini loh.


Lalu, bagaimana dengan produk WhatsApp yang lain seperti salah satu contohnya WhatsApp Business Platform? Apakah aman juga dari pemblokiran?


Untuk WhatsApp Business Platform bisa dibilang sistem pendaftaran PSE yang dilakukan berbeda. Hal ini karena PSE untuk WhatsApp Business Platform didaftarkan oleh masing-masing penyedia layanan atau Business Service Provider (BSP).


WhatsApp Business Platform Wappin Terdaftar Di Kominfo


Sebagai contoh saja, WhatsApp Business Platform Wappin dimana sudah terdaftar di PSE Domestik sejak 2021 lalu. Sehingga tentunya kamu yang menggunakan layanan WhatsApp Business Platform Wappin tidak perlu khawatir terblokir penggunaannya!


Wappin sendiri sebagai penyedia layanan WhatsApp Business Platform secara resmi dari WhatsApp memang sejak awal berkomitmen untuk menyediakan layanan terbaik kepada customer.


Pendaftaraan PSE Domestik yang dilakukan Wappin sejak 2021 lalu juga sebagai cara Wappin membuat para penggunanya merasa nyaman karena platform yang digunakan sudah legal secara administratif. 


Kenapa WhatsApp Business Platform Wappin Harus Terdaftar PSE Kominfo?


Pendaftaraan PSE Kominfo sendiri tentunya memiliki tujuan dan juga manfaat bagi para pengguna WhatsApp Business Platform loh.


Salah satunya adalah menghindari pemblokiran pada platform karena dianggap sebagai platform ilegal yang beroperasi di Indonesia yah.


Hal ini tertuang berdasarkan Peraturan Menteri No. 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat pada Pasal 7 Angka (2) menjelaskan bahwa dalam hal PSE tidak melakukan pendaftaran, maka Menteri Komunikasi dan Informasi dapat memberikan sanksi administratif berupa pemutusan akses terhadap sistem elektronik atau access blocking.


Dikutip dari layanan.kominfo.go.id beberapa manfaat bagi masyarakat dengan hadirnya sistem PSE berikut. Adapun beberapa manfaat tersebut yaitu:

  • Masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai Penyelenggara dan Sistem Elektronik yang sudah terdaftar sebagai PSE.

  • Meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap suatu PSE.

  • Masyarakat menjadi lebih cerdas dan hati-hati untuk melakukan transaksi melalui informasi tanda daftar PSE.

 

Selain itu, bagi penyelenggara sistem elektronik juga memiliki beberapa manfaat, antara lain.

  • Tercatat dalam Tanda Daftar PSE sehingga teridentifikasi secara jelas.

  • Lebih dipercaya masyarakat.

  • Membangun pemetaan ekosistem Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

  • Tanda bukti telah resmi terdaftar di Kominfo.

 

Nah, tentunya kamu sudah paham dan mengerti bagaimana sistem pendaftaraan PSE Kominfo ini sangat penting bagi para penyedia layanan dan juga masyarakat bukan.


Oleh karena itu, ketika kamu ingin menggunakan sebuah layanan pastikan terlebih dahulu bahwa layanan tersebut sudah terdaftar pada PSE Kominfo.


Wappin sendiri sebagai penyedia layanan WhatsApp Business Platform seperti sudah disebutkan di atas sudah terdaftar di Kominfo sehingga bisa dipastikan bahwa layanan yang ditawarkan Wappin tentunya resmi.


Untuk kamu yang belum menggunakan atau masih ragu menggunakan WhatsApp Business Platform Wappin, bisa langsung hubungi Wappin dengan kunjungi Wappin.id yah!


Tentunya agent kami akan dengan senang hati menjelaskan dan menjawab berbagai pertanyaan kamu seputar WhatsApp Business Platform. Jadi tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga!

Tulis Komentar

Komentar 0

Jelajahi Artikel lainya

Technology
Whatsapp Businesss API Semakin Populer Jadi Platform Customer Service? Ini Buktinya!
February 17, 2020
Technology
Apa Perbedaan WhatsApp Business Indonesia Dengan WhatsApp Business Negara Lain?
December 24, 2020
Technology
Tren Model Customer Service Pada 2020 Semakin Bervariasi
February 21, 2020
Technology
Pesatnya Perkembangan WhatsApp Business API Di Indonesia
September 16, 2021
Technology
Buat Kedekatan Dengan Konsumen Lewat Fitur Whatsapp Business API Ini!
December 9, 2019

Download E-Book Terbaru Dari Wappin

map
Jelajahi pustaka freemium Wappin dan dapatkan berbagai insights tentang customer relationship management yang bisa kamu implementasikan di bisnismu. See Detail