Customer Service Bisa Bantu Datangkan Customer Baru Dan Income Lebih

Customer service bisa bantu datangkan customer
baru dan income lebih untuk bisnis Anda dengan mudah.
Mungkin Anda sering mendengar kata “customer adalah
raja”. Hal itu memang benar adanya karena customer lah yang membantu sebuah
bisnis berkembang.
Tanpa adanya customer, tidak mungkin sebuah
bisnis bisa maju. Oleh karena itu, tentu diperlukan agen-agen yang dikhususkan
untuk menghadapi customer yaitu customer service.
Customer service memiliki peluang untuk membuat
bisnis mendapatkan keuntungan dan semakin maju atau justru menghancurkan bisnis
itu sendiri, tergantung dari pelayanan yang diberikan kepada customer.
BACA JUGA: Pesan Personalisasi WhatsApp Business API Solusi Untuk Lebih Dekat Dengan Customer
Bisa dibilang pelayanan kepada customer menjadi
kunci penting dalam hal ini. Seperti yang disebutkan di atas, “customer adalah
raja” sehingga mereka bebas melakukan apa saja.
Jika mereka merasa diabaikan, maka akan dengan
mudah untuk mereka meninggalkan bisnis Anda. Survey yang dikutip dari Neilpatel
tentang kenapa customer meninggalkan sebuah brand atau bisnis menunjukan
bagaimana customer dengan mudah meninggalkan bisnis Anda.
Angka dari survey tersebut adalah 68% dimana
customer menganggap brand atau bisnis yang tidak peduli kepada mereka sehingga
mereka memilih untuk meninggalkan brand atau bisnis itu.
Dari survey singkat di atas tentu tidak bisa dimungkiri
bahwa customer tetap akan menjadi penentu sebuah bisnis. Oleh karena itu, perlu
ada beberapa langkah yang dijalankan customer service Anda untuk bisa memahami customer
dan membantu menambahkan income.
Berikut ini beberapa cara yang bisa customer
service Anda gunakan:
BACA JUGA: Menanggapi Komplain Customer Secara Profesional Lewat WhatsApp Business API
1. Mengerti dan pahami apa yang diinginkan
customer
Anda bisa mengerti dan memahami customer dengan melakukan survey kepada customer. Survey yang dilakukan tentu boleh dalam bentuk apa saja yah. Namun, pada dasarnya survey paling mudah adalah dengan menggunakan survey online.
Tentu survey akan terasa kurang
menarik dan cenderung diabaikan oleh customer Anda. Sebagai gantinya,
lakukan pancingan berupa hadiah seperti voucher atau pun barang-barang yang
menarik yah shingga customer tertarik untuk mengisi survey.
Buatlah pertanyaan yang sekiranya dapat mengambarkan keinginan customer dengan mudah. Dengan begitu, hasil yang ada juga akan lebih mudah dipahami sesuai dengan yang disampaikan yah.
BACA JUGA: Beberapa Fitur WhatsApp Yang Akan Segera Hadir, Bakal Lebih Banyak Pengguna
2. Analisis
hasil dan lakukan perubahaan
Jika Anda sudah mendapatkan hasil
dari survey tersebut, analisis hasil tersebut dan cari tahu apa yang customer
ingin sampaikan. Tentunya akan ada hal yang disampaikan dan berbeda.
Sebagai customer service,
berusahalah untuk memenuhi keinginan customer tersebut walau harus ada
perubahaan yang dilakukan.
Menurut survey yang dikutip dari
Neilpatel, customer akan lebih mementingkan pengalaman berbelanja mereka dari
pada hal lain. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu strategi Anda.
Rebut hati para customer dengan
berusaha memberikan apa yang mereka inginkan.
Hal ini karena customer experience adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. 40% customer menurut survey neilpatel, membeli produk yang lebih rendah jika mereka menyukai brand Anda. Selain itu, orang-orang tidak akan ragu mengeluarkan uang lebih banyak untuk brand Anda jika mereka menyukainya.
Anda bisa gunakan peluang ini untuk melakukan penyesuaian harga produksi dan menaikan harga barang jika Anda mempunyai customer service yang sangat baik. Hasilnya? Anda bisa mendapatkan pendapatan 2 kali lipat. Namun, Anda harus ingat bahwa hal ini berlaku untuk mereka yang sudah memiliki customer service yang sangat bagus dan bisa menciptakan customer experience yang baik juga.
BACA JUGA: Kelebihan Fitur Broadcast Messages WhatsApp Business API
3. Tanggani
komplain customer
Menanggapi komplain dari customer merupakan sebuah keharusan yang dilakukan dalam bisnis Anda.
Jika masih ada customer yang ingin
melakukan komplain, itu berarti Anda masih sangat beruntung dan dipercaya.
Hal ini karena, menurut survey dari
Neilpatel 63% customer pergi karena perilaku buruk dari bisnis atau brand
tersebut. Bahkan lebih parahnya lagi, customer bisa saja meninggalkan bisnis
Anda tanpa melakukan komplain sama sekali sehingga Anda tidak tahu apa
penyebabnya.
Jika komplain masih bisa Anda terima, maka hal
itu bisa Anda rubah secara perlahan sesuai dengan komplain tersebut. Jadi,
mulai lah dengarkan komplain dari pelanggan sehingga dan rubah apa yang seharunya
Anda rubah.
BACA JUGA: Keunggulan Dari Platform Customer Service WhatsApp Business API Saat Hadapi Pandemi
Hal di atas bisa Anda lakukan sebagai sebuah strategi untuk
customer service Anda dalam membantu mendapatkan pendapatan dan customer baru
yah.
Jika customer experience yang Anda berikan bisa
membuat para customer senang, tentu secara perlahan akan muncul customer baru
dengan sendirinya.
Jadi mulailah mementingkan customer experience
pada bisnis Anda.
Salah satu caranya tentu bisa melalui customer
service yah. WhatsApp Business API sebagai salah satu platform customer service
bisa menjadi solusinya.
Hal ini karena WhatsApp Business API dari
Wappin bisa membantu customer service berkomunikasi dengan customer secara mudah.
Bahkan bisa membantu Anda menjawab pertanyaan
dari customer secara cepat dengan fitur-fitur yang ada.
Tunggu apa lagi, rubah customer service kamu
menjadi WhatsApp Business API dari Wappin. Untuk info lebih lanjut silakan
kunjungi Wappin.id yah!(*)
Komentar 0