Customer Service Bisa Bantu Datangkan Customer Baru Dan Income Lebih

June 2, 2020

Customer service bisa bantu datangkan customer baru dan income lebih untuk bisnis Anda dengan mudah.

Mungkin Anda sering mendengar kata “customer adalah raja”. Hal itu memang benar adanya karena customer lah yang membantu sebuah bisnis berkembang.

Tanpa adanya customer, tidak mungkin sebuah bisnis bisa maju. Oleh karena itu, tentu diperlukan agen-agen yang dikhususkan untuk menghadapi customer yaitu customer service.

Customer service memiliki peluang untuk membuat bisnis mendapatkan keuntungan dan semakin maju atau justru menghancurkan bisnis itu sendiri, tergantung dari pelayanan yang diberikan kepada customer.

BACA JUGA: Pesan Personalisasi WhatsApp Business API Solusi Untuk Lebih Dekat Dengan Customer

Bisa dibilang pelayanan kepada customer menjadi kunci penting dalam hal ini. Seperti yang disebutkan di atas, “customer adalah raja” sehingga mereka bebas melakukan apa saja.

Jika mereka merasa diabaikan, maka akan dengan mudah untuk mereka meninggalkan bisnis Anda. Survey yang dikutip dari Neilpatel tentang kenapa customer meninggalkan sebuah brand atau bisnis menunjukan bagaimana customer dengan mudah meninggalkan bisnis Anda.

Angka dari survey tersebut adalah 68% dimana customer menganggap brand atau bisnis yang tidak peduli kepada mereka sehingga mereka memilih untuk meninggalkan brand atau bisnis itu.

Dari survey singkat di atas tentu tidak bisa dimungkiri bahwa customer tetap akan menjadi penentu sebuah bisnis. Oleh karena itu, perlu ada beberapa langkah yang dijalankan customer service Anda untuk bisa memahami customer dan membantu menambahkan income.

Berikut ini beberapa cara yang bisa customer service Anda gunakan:

BACA JUGA: Menanggapi Komplain Customer Secara Profesional Lewat WhatsApp Business API

1. Mengerti dan pahami apa yang diinginkan customer

Anda bisa mengerti dan memahami customer dengan melakukan survey kepada customer. Survey yang dilakukan tentu boleh dalam bentuk apa saja yah. Namun, pada dasarnya survey paling mudah adalah dengan menggunakan survey online.

Tentu survey akan terasa kurang menarik dan cenderung diabaikan oleh customer Anda. Sebagai gantinya, lakukan pancingan berupa hadiah seperti voucher atau pun barang-barang yang menarik yah shingga customer tertarik untuk mengisi survey.

Buatlah pertanyaan yang sekiranya dapat mengambarkan keinginan customer dengan mudah. Dengan begitu, hasil yang ada juga akan lebih mudah dipahami sesuai dengan yang disampaikan yah.

BACA JUGA: Beberapa Fitur WhatsApp Yang Akan Segera Hadir, Bakal Lebih Banyak Pengguna

2. Analisis hasil dan lakukan perubahaan

Jika Anda sudah mendapatkan hasil dari survey tersebut, analisis hasil tersebut dan cari tahu apa yang customer ingin sampaikan. Tentunya akan ada hal yang disampaikan dan berbeda.

Sebagai customer service, berusahalah untuk memenuhi keinginan customer tersebut walau harus ada perubahaan yang dilakukan.

Menurut survey yang dikutip dari Neilpatel, customer akan lebih mementingkan pengalaman berbelanja mereka dari pada hal lain. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu strategi Anda.

Rebut hati para customer dengan berusaha memberikan apa yang mereka inginkan.

Hal ini karena customer experience adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. 40% customer menurut survey neilpatel, membeli produk yang lebih rendah jika mereka menyukai brand Anda. Selain itu, orang-orang tidak akan ragu mengeluarkan uang lebih banyak untuk brand Anda jika mereka menyukainya. 

Anda bisa gunakan peluang ini untuk melakukan penyesuaian harga produksi dan menaikan harga barang jika Anda mempunyai customer service yang sangat baik. Hasilnya? Anda bisa mendapatkan pendapatan 2 kali lipat. Namun, Anda harus ingat bahwa hal ini berlaku untuk mereka yang sudah memiliki customer service yang sangat bagus dan bisa menciptakan customer experience yang baik juga.

BACA JUGA: Kelebihan Fitur Broadcast Messages WhatsApp Business API

3. Tanggani komplain customer

Menanggapi komplain dari customer merupakan sebuah keharusan yang dilakukan dalam bisnis Anda.

Jika masih ada customer yang ingin melakukan komplain, itu berarti Anda masih sangat beruntung dan dipercaya.

Hal ini karena, menurut survey dari Neilpatel 63% customer pergi karena perilaku buruk dari bisnis atau brand tersebut. Bahkan lebih parahnya lagi, customer bisa saja meninggalkan bisnis Anda tanpa melakukan komplain sama sekali sehingga Anda tidak tahu apa penyebabnya.

Jika komplain masih bisa Anda terima, maka hal itu bisa Anda rubah secara perlahan sesuai dengan komplain tersebut. Jadi, mulai lah dengarkan komplain dari pelanggan sehingga dan rubah apa yang seharunya Anda rubah.

BACA JUGA: Keunggulan Dari Platform Customer Service WhatsApp Business API Saat Hadapi Pandemi

Hal di atas bisa Anda lakukan sebagai sebuah strategi untuk customer service Anda dalam membantu mendapatkan pendapatan dan customer baru yah.

Jika customer experience yang Anda berikan bisa membuat para customer senang, tentu secara perlahan akan muncul customer baru dengan sendirinya.

Jadi mulailah mementingkan customer experience pada bisnis Anda.

Salah satu caranya tentu bisa melalui customer service yah. WhatsApp Business API sebagai salah satu platform customer service bisa menjadi solusinya.

Hal ini karena WhatsApp Business API dari Wappin bisa membantu customer service berkomunikasi dengan customer secara mudah.

Bahkan bisa membantu Anda menjawab pertanyaan dari customer secara cepat dengan fitur-fitur yang ada.

Tunggu apa lagi, rubah customer service kamu menjadi WhatsApp Business API dari Wappin. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi Wappin.id yah!(*)

Tulis Komentar

Komentar 0

Jelajahi Artikel lainya

TIPS
Apa Yang Customer Harapkan Dari Customer Service Anda?
July 29, 2020
TIPS
Platform Customer Service Tercepat Untuk Merespon Customer
October 16, 2020
TIPS
Perlukah Segmentasi Customer Dalam Customer Service Saat Ini?
June 29, 2020
TIPS
Bagaimana Broadcast Messages Bisa Membantu Meningkatkan Penjualan Anda?
October 5, 2020
TIPS
Apa Saja Syarat Yang Harus Dipenuhi UMKM Jika Menggunakan WhatsApp Business API?
November 26, 2020

Download E-Book Terbaru Dari Wappin

map
Jelajahi pustaka freemium Wappin dan dapatkan berbagai insights tentang customer relationship management yang bisa kamu implementasikan di bisnismu. See Detail