Intip Beberapa Strategi Pemasaran Digital untuk Dongkrak Bisnis Anda

Memperkenalkan sebuah produk atau jasa kini semakin mudah dilakukan
semenjak populernya media sosial. Semenjak kehadiran media sosial sebagai
sarana pengembangan bisnis, para pelaku bisnis tidak lagi melirik iklan via
radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana
media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan
sebuah bisnis.
Hadirnya media sosial yang didukung oleh kekuatan internet saat ini
berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah,
cepat dan murah. Terlebih dengan berbagai sarana melalui internet tools
yang telah tersedia seperti website, blog, media sosial yang
bersifat global, real time dan praktis membuat kegiatan pengembangan usaha Anda
akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.
Namun ada hal yang perlu dicatat sebagai pemilik bisnis sebelum menentukan
pilihan untuk menerapkan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis di dalam
dunia digital. Strategi pemasaran digital dapat didefinisikan sebagai
serangkaian tindakan yang didesain untuk membantu bisnis mencapai tujuan
menggunakan medium internet (online).
Jika dilihat secara kasat mata mungkin akan tampak mudah, bahkan sebagian
berpikiran bahwa pemasaran digital sama dengan mempublikasikan konten melalui
media sosial, lalu mempercepat dengan iklan. Namun kenyataannya tidak
sesederhana itu, perlu berbagai perencanaan untuk menghasilkan kampanye pemasaran
yang efektif.
Berikut adalah beberapa paparan yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan bisnis yang Anda miliki dan sekaligus dapat menjadi pemicu untuk mengembangkan bisnis di dunia online.
BACA JUGA: 92% Customer Lebih Puas Menggunakan Chat Dari Pada Telepon
Memulai Dengan Penyusunan Strategi
Untuk memulai pemasaran digital, alangkah baiknya Anda siapkan strateginya
lebih dulu. Pastikan strategi ini sesuai dengan KPI atau tujuan yang
diinginkan. Pemasaran digital juga banyak dilirik karena hasilnya dapat diukur
dengan mudah. Contohnya, Anda bisa melihat kenaikan jumlah kunjungan ke website
setelah Anda melakukan optimasi untuk menambah pengunjung ke website selama
waktu yang ditentukan.
Nah, untuk Anda yang baru ingin memulai pemasaran digital, paparan dibawah
ini bisa sangat membantu:
Tentukan target yang ingin Anda capai, pastikan target ini sesuai dengan kemampuan Anda. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi performa pemasaran digital lho. Contohnya seperti budget, jangka waktu, dan konten yang Anda miliki.Buat timeline kegiatan yang akan Anda jalankan. Manfaatkan momen tertentu untuk melakukan promosi, misalnya saja ada potongan harga khusus di tanggal gajian. Nah, yang tak kalah penting. Pilih media online yang akan digunakan untuk promosi. Pastikan sesuai dengan target market Anda ya!
BACA JUGA: Whatsapp Business API Semakin Populer Jadi Platform Customer Service? Ini Buktinya!
Pahami target pasar yang dituju
Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang target pasar, Anda harus mengetahui
terlebih dulu apa itu target pasar. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen
yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual.
Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen.
Target pasar biasanya mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir
sama.
Cara terbaik untuk memahami target pasar adalah dengan berbicara langsung dan menggali masukan dari konsumen. Jangan hanya fokus pada penjualan saja, Anda juga dapat berfokus untuk menjalin hubungan yang baik dengan target pasar. Melakukan percakapan dengan konsumen juga mampu memberi Anda ide baru untuk melakukan inovasi bisnis.
BACA JUGA: Bisa Kirim File Hingga 5 MB Dengan Mudah Lewat WhatsApp Business API Wappin
Berikan sentuhan personal kepada target pasar
Konsumen di Indonesia, berdasarkan beberapa penelitian mengatakan bahwa
mereka lebih menyukai layanan personal dimana staf layanan pelanggan berdiskusi
dengan konsumen melalui telepon, atau bahkan menghampiri lokasi konsumen untuk
memberikan layanan secara langsung.
Tipe masyarakat yang menyukai layanan personal berpotensi membuat
perusahaan makin kewalahan seiring perkembangan bisnis dan kenaikan jumlah
pelanggan. Tapi dengan perkembangan teknologi zaman sekarang, perusahaan punya
alternatif yang lebih efisien dibanding memperbanyak jumlah staf untuk
menjangkau para konsumen tersebut.
Beberapa alternatif yang dapat diambil perusahaan antara lain dengan
menerapkan sistem otomatis untuk sejumlah aktivitas pemasaran, seperti:
Personalisasi konten untuk para pelanggan. Media yang digunakan pun bisa dari kanal manapun. Saat ini, email jadi media yang digandrungi untuk melakukan remarketing. Pilih layanan pemasaran yang memiliki fitur Chatbot sebagai alternatif untuk memberikan layanan dengan teknologi yang cukup memberikan kesan personal bagi para pelanggan.
Pahami soal kompetisi bisnis
Persaingan bisnis tentunya bukan hal baru lagi, setiap segmen pasar akan
selalu dihadapkan pada persaingan, baik yang berpeluang besar ataupun peluang
rendah. Dari tahun ke tahun persaingan bisnis selalu mengalami peningkatan,
ditambah lagi dengan terbukanya pasar bebas membuat bertambahnya kompetitor
bisnis dari luar negeri. Tinggi rendahnya persaingan bisnis dapat diukur dari
tingginya permintaan oleh pasar, semakin banyak maka semakin ketat pula
persaingannya dan sebaliknya.
Untuk lebih memahami tentang persaingan bisnis, ada tiga jenis kompetisi
yang dapat Anda pahami:
Pesaing Langsung; perusahaan yang menawarkan produk yang sama.Pesaing Tidak Langsung; merek yang menawarkan produk berbeda, namun bersaing di ruang atau segmentasi pengguna yang sama. Komparator; produk yang sebelumnya sudah dipakai oleh pelanggan.
Lalu cara paling mudah untuk menemukan kompetitor bisnis –dari tiga jenis
di atas–bisa melakukan beberapa hal berikut:
Gunakan Google, lalu ketik kata kunci berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Coba layanan tersebut, bandingkan dengan produk Anda sendiri. Jelajahi websitenya dan pelajari newsletter yang dikirimkan kompetitor. Tanyakan kepada pelanggan yang pernah menggunakan produk lain sebagai testimoni dan pengembangan produk Anda sendiri di kemudian hari.
BACA JUGA: Dengan WhatsApp Business API Bisa Kirimkan Pesan Personalisasi Dengan Mudah
Duet big data dan artificial intelligence (AI)
Tahun 2017 mengawali tren penggunaan AI dan big data pada sejumlah sektor.
Walaupun kebanyakan masih digunakan dalam proses sederhana, namun hal ini
membantu menggeser AI dari pasar yang cukup niche atau tidak populer
menjadi lebih mainstream.
Sejumlah perusahaan besar pada tahun 2018 telah melakukan peningkatan
investasi di ranah AI. Selain itu, berbagai teknologi yang memanfaatkan data
juga akan menjadi lebih matang lagi di tahun 2019 dan seterusnya.
Kini konsumen menyumbangkan data yang berlimpah dari berbagai kanal atau
media online. Anda juga bisa mengumpulkan data lewat berbagai cara. Tugas AI
adalah mengolah informasi dalam bentuk sangat besar dan kompleks dengan cepat.
Berkat automasi yang dimiliki AI, Anda sebagai pelaku pasar bisa lebih
leluasa dalam meneliti perilaku konsumen, mencari cara untuk menciptakan konten
yang efektif, bahkan membuat customer journey yang lebih personal.
Semakin maraknya adopsi kedua teknologi ini dalam berbagai ranah bisnis,
bisa memperketat kompetisi dalam menarik konsumen. Apalagi, saat ini konsumen
menginginkan konten yang benar-benar sesuai dan memberikan kesan lebih
personal.
Setiap tahunnya, selalu ada hal baru yang bisa dieksplorasi oleh para
pemasar. Hal ini sebetulnya bisa menjadi pedang bermata dua. Apabila pemain di
ranah digital marketing tidak hati-hati, pengguna bisa jadi terkena
serangan gempuran iklan alih-alih mendapatkan pengalaman komunikasi brand
yang menyenangkan.
Beberapa poin di atas dapat langsung diaplikasikan pada bisnis yang Anda kelola.Setelah
Anda melakukan kegiatan promosi melalui media digital, harapannya tentu saja
Anda memiliki tambahan jumlah konsumen. Namun hal yang harus diingat adalah,
jangan diamkan konsumen Anda begitu saja. Pancing mereka untuk selalu
berinteraksi dan menggunakan produk atau jasa Anda.
Salah satunya dengan cara berkomunikasi secara personal kepada mereka. Saat ini tersedia produk WhatsApp business yang mampu membuat komunikasi Anda di dunia digital kian mudah, yakni Wappin atau WhatsApp Integrator. Semua fitur dan fungsi dari Wappin mampu membantu bisnis Anda berkomunikasi dengan pelanggan secara interaktif.
Fitur utama yang dimiliki Wappin adalah Chatbot yang selalu bisa diandalkan untuk mengirim pesan kepada konsumen dan menjawab seluruh kebutuhan mereka. Dengan fitur ini, tentunya usaha yang Anda miliki dapat memberikan sentuhan personal kepada tiap pelanggan dan membuat mereka menjadi konsumen loyal di kemudian hari.
Komentar 0