Jangan Salah! Ini Perbedaan Fitur Chatbot dan Chat Panel di Whatsapp Business API

December 3, 2019

Banyak dari kalian mungkin tidak tau perbedaan fitur chatbot dan chat panel pada Whatsapp Business API. Padahal bisa dibilang kedua fitur ini berbeda satu sama lain.

Perbedaan fitur chatbot dan chat panel pada Whatsapp Business API sendiri sebenarnya cukup mudah diketahui. Namun, tetap saja banyak yang tidak tahu perbedaan fitur chatbot dan chat panel.

Nah, berikut ini kita bakal kasih tau kalian apa saja perbedaan antara fitur chatbot dan chat panel yang ada di Whatsapp Business API. Penasaran kan apa saja bedanya? Yuk simak!

BACA JUGA: Kenali Lebih Dekat Apa Itu Gamification 

1. Chat Bot dijalankan AI atau Artificial Intelligence

Mungkin dari kalian banyak belum mengetahui bahwa perbedaan fitur chatbot dan chat panel utamanya terletak pada yang mengoperasikan.

Pada chat bot yang mengoperasikan adalah AI atau Artificial Intelligence. Sedangkan pada chat panel yang mengoperasikan adalah manusia langsung yang siap menjawab semua pertanyaan.

BACA JUGA: 4 Fitur Yang Kamu Dapat Jika Menggunakan Whatsapp Integrator Di Bisnis 

2. Chat Panel Memiliki Kedekatan lebih kepada konsumen

Perbedaan lain yang dimiliki tentunya adalah kedekatan yang terjalin dengan konsumen. Dimana tentu dengan chat panel yang memiliki sentuhan manusia akan lebih menjalin hubungan dekat dengan konsumen.

Hal ini karena tentu jawaban yang diberikan bisa disesuikan dengan sifat atau perilaku konsumen loh.

BACA JUGA: Ini 3 Cara Untuk Mengembangkan Bisnis Digital Kamu 

3. Masih terbatasnya pertanyaan yang bisa dijawab Chatbot.

Perbedaan terakhir adalah jawaban yang diberikan oleh fitur chatbot dan chat panel. Dimana chatbot memiliki jawaban yang lebih kaku dan sesuai dengan perintah yang sudah dibuat.

Sedangkan chat panel bisa menyesuaikan lebih dengan keinginan konsumen saat bertanya. Memang tak bisa dimungkiri bahwa fungsi chat panel masih tidak bisa sepenuhnya digantikan chatbot.

Lewat Whatsapp Business API sendiri kedua fitur ini sama-sama dihadirkan untuk melengkapi satu sama lain. Sehingga tentu akan sangat membantu bisnis yang kalian jalani.(*)


Tulis Komentar

Komentar 0

Jelajahi Artikel lainya

Technology
Penguna Whatsapp Meningkat Hingga 2 Miliar di Tahun 2020
March 4, 2020
Technology
Bagaimana Keamanan Dalam Menggunakan WhatsApp Business Platform Wappin?
July 4, 2022
Technology
Tingkatkan Customer Service Dengan Teknologi Artificial Intelligence
March 3, 2020
Technology
Fungsi Add Button Mempermudah Komunikasi Dengan Customer
June 28, 2021
Technology
Tren Model Customer Service Pada 2020 Semakin Bervariasi
February 21, 2020

Download E-Book Terbaru Dari Wappin

map
Jelajahi pustaka freemium Wappin dan dapatkan berbagai insights tentang customer relationship management yang bisa kamu implementasikan di bisnismu. See Detail