Speedwork Optimasi Customer Service Dengan Integrasi WhatsApp dan Omnichannel

Speedwork Indonesia ialah perusahaan
yang menyediakan solusi O2O untuk autocare. Dengan layanan berbasis aplikasi, Speedwork
memfasilitasi dan menghubungkan bengkel rekanan dengan berbagai pelanggan yang
merupakan pengendara mobil dan motor, serta driver ojek online.
Dibandingkan
dengan perusahaan sejenis yang menyediakan solusi serupa, Speedwork terbilang
unik dan sangat personalized. Pasalnya, platform Speedwork mampu menyediakan
dan mencocokan spare part yang tepat berdasarkan tipe kendaraan pelanggan.
Dengan
layanan yang sangat personalized dan customer-centric, Speedwork
berhasil memperoleh beberapa penghargaan. Di antaranya pemenang
ASEAN Digital Transformation Award 2021 di kategori Layanan Bisnis oleh Swiss
Chamber of Commerce dan Top Innovation Choice
Award 2020 serta 2021 oleh Infobrand.
Banyak Kanal Komunikasi
Digital, Banyak Pesan Dari Platform yang Berbeda-Beda
Speedwork
memiliki beragam communication touch point, baik di WhatsApp, Instagram, dan
berbagai kanal media sosial lainnya. Tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi
pelanggannya ketika ingin menghubungi tim customer service.
Namun,
dengan banyaknya kanal yang disediakan, maka banyak pula chat pelanggan yang
masuk di kanal yang berbeda-beda.
Ditambah
lagi, mayoritas pelanggan Speedwork ialah pengguna kendaraan bermotor baik roda
dua maupun roda empat. Dalam industri autocare, seringkali pelanggan datang
ketika kendaraannya sedang bermasalah, bukan ketika membutuhkan check up
atau maintenance.
Pun,
karena Speedwork menyediakan solusi autocare yang personalized, maka
wajar saja jika pelanggan ingin terhubung langsung dengan bengkel rekanan serta customer service untuk berkonsultasi lebih lanjut.
Behavior
pelanggan dalam menghubungi Speedwork pun cukup acak. Dalam artian, pelanggan akan
memilih kanal komunikasi pertama yang muncul di pikirannya, tanpa pikir panjang
mana kanal komunikasi yang paling banyak digunakan perusahaan. Yang mereka
tahu, mereka ingin segera dilayani dan kendalanya segera terselesaikan.
Alhasil,
pesan pelanggan datang dari kanal komunikasi yang berbeda-beda. Pun, ekspektasi
pelanggan akan respon bantuan yang cepat juga memberikan tantangan tersendiri
bagi tim customer service Speedwork. Belum lagi pesan dari berbagai bengkel
rekanan.
Sebagai
perusahaan yang customer-centric, tentu Speedwork ingin melayani seluruh
pelanggan dan bengkel rekanannya dengan baik. Karenanya, tantangan untuk
menjawab pesan dari berbagai kanal harus dilalui.
Kendala: Kesulitan
Mengelola Percakapan yang Ada Pada Beragam Kanal Berbeda
Dengan
banyaknya pesan yang datang dari platform berbeda-beda, Speedwork cukup
mengalami kesulitan untuk mengelola seluruh percakapan yang ada.
Ketiadaan
satu dashboard terpusat untuk memonitor, mengelola, serta berkomunikasi dengan pelanggan
makin membuat kendala yang dihadapi Speedwork makin besar. Tim customer service
harus berpindah dari satu platform ke platform lainnya untuk mengecek adanya
pesan masuk dan melayani pelanggan.
Ditambah
lagi, Speedwork memiliki SLA terkait respon pesan dan pelayanan pelanggan yang
tidak boleh melebihi batas menit tertentu. Hal ini mengharuskan Speedwork untuk
senantiasa dapat merespon pelanggan cepat, dengan segala limitasi yang ada.
Pun,
Speedwork sebelumnya menggunakan aplikasi WhatsApp Business biasa untuk
melayani pelanggan. Tingginya traffic percakapan yang masuk lewat WhatsApp juga
sulit dikelola sebab aplikasi yang digunakan memiliki fitur yang terbatas.
Solusi: Speedwork
Beralih ke WhatsApp Business Platform Wappin dan Menggunakan Omnichannel Botika
Guna mengatasi
kendala yang ada, Speedwork menggunakan layanan WhatsApp Business Platform Wappin guna memperoleh fitur tambahan yang saat itu dibutuhkan.
Di antaranya,
Speedwork menggunakan fitur broadcast untuk memberikan informasi dan mengirimkan
promo pada pelanggannya secara personal. Hal ini membuat Speedwork bisa
membangun engagement yang baik dengan para pelanggan dan bengkel rekanannya.
Speedwork
juga menggunakan fitur chatbot builder yang tersedia pada WhatsApp Business
Platform Wappin untuk membuat chatbot tanpa coding. Dengan fitur tersebut,
Speedwork bisa mengintegrasikan tim customer service dengan WhatsApp chatbot
yang dibuat. Alhasil, tim customer service bisa melakukan first time response secara
instan dan pelanggan tak lagi perlu menunggu lama.
Selain
itu, Speedwork dibantu Wappin berhasil memperoleh verified badge atau
centang hijau di WhatsApp. Hal ini membuat perusahaan lebih terpercaya,
khususnya di WhatsApp.
Sedangkan,
untuk mengatasi kebutuhan sentralisasi percakapan dari berbagai platform yang
ada ke dalam satu dashboard, Speedwork menggunakan solusi omnichannel.
Dalam
hal ini, Wappin bekerjasama dengan Botika guna menghadirkan solusi Omnibotika dan kemudian
mengintegrasikan seluruh kanal komunikasi yang ada pada omnichannel dashboard
tersebut, termasuk WhatsApp Business Platform yang digunakan.
Hasil: Speedwork Berhasil
Membangun Automated Digital Environment untuk Mengoptimasi Tim Customer Service
dan Pelayanan Pelanggan
Dengan WhatsApp Business
Platform Wappin dan Omnibotika, kini Speedwork
memiliki digital environment yang terotomasi guna menjawab kebutuhan pelanggan di
bidang komunikasi.
Seluruh
pesan yang masuk pada communication touch point seperti WhatsApp, Instagram, live
chat, dan kanal lainnya kini bisa langsung masuk dan dikelola melalui satu dashbord
omnichannel.
Sistem
CRM terpusat yang dibangun memudahkan tim customer service untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif dan
cepat. Adanya chatbot juga membantu Speedwork menghadirkan first-time response secara
instan hanya dalam hitungan detik.
Dan,
karena kanal komunikasi sudah terpusat, kini Speedwork bisa merespon percakapan
pelanggan dalam hitungan 1 hingga 5 menit sehingga pelanggan tidak perlu menunggu
terlalu lama. Dengan demikian, Speedwork bisa mengoptimasi tim customer service dan pelayanan yang
diberikan sesuai dengan SLA yang ada.
“Wappin mempermudah kami dalam merespon chat yang masuk ke
layanan pelanggan dengan cepat. Kami juga bisa melakukan broadcast yang lebih
personal lewat WhatsApp dan tidak lagi repot mengelola terlalu banyak nomor
atau akun untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kini, kami bisa fokus
menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.”
Regi Pratama, Business Operational Speedwork Autocare Indonesia
Simak
bagaimana kisah Speedwork menghadirkan layanan komunikasi yang cepat dan tepat
bagi pelanggannya dengan bantuan WhatsApp Business Platform Wappin dan Omnibotika
melalui tayangan ulang Wappin Talks berikut.
WhatsApp Business Platform Wappin
WhatsApp
Business Platform (sebelumnya dikenal sebagai WhatsApp Business API) ialah layanan
WhatsApp khusus bisnis yang dihadirkan WhatsApp melalui Business Service
Provider.
Wappin
sebagai partner resmi WhatsApp menyediakan layanan WhatsApp Business Platform
dan berbagai layanan lainnya, seperti WhatsApp OTP, WhatsApp chatbot,
omnichannel, dan WhatsApp Business Platform versi on-premise.
Untuk mulai menggunakan WhatsApp Business Platform, hubungi
Wappin di sini.
Komentar 0