Wappin Talks: Penggunaan WhatsApp Business API untuk UKM hingga Enterprise

February 13, 2022

Wappin Talks kembali diadakan pada 27 Januari 2022 lalu, membahas penggunaan WhatsApp Business API untuk UKM hingga enterprise atau bisnis berskala besar.

 

Webinar tersebut diisi oleh Meldy Kaisar dan Dovin Caesario, perwakilan dari tim Business & Relationship Wappin.

 

Selama lebih kurang 1 jam, Wappin Talks kali ini mengulas naiknya tren penggunaan WhatsApp Business API di sektor UKM (Usaha Kecil Menengah) dan berbagai indikator yang menentukan apakah UKM sudah cocok untuk menggunakan WhatsApp Business API.

 

Selengkapnya dapat Anda saksikan dalam tayangan ulang Wappin Talks berikut. Ringkasannya dapat Anda baca pada artikel berikut.

 


 

Kapan Sebaiknya UKM atau Bisnis Mulai Menggunakan WhatsApp Business API?

 

Tidak ada indikator absolut untuk menjawab kapan UKM atau bisnis harus mulai menggunakan WhatsApp Business API karena semua kembali lagi pada tingkat kebutuhan perusahaan.

 

Namun, pada Wappin Talks kali ini, kedua pembicara menyarankan beberapa indikator berikut untuk dijadikan bahan pertimbangan. Indikator ini diambil dari keterangan rata-rata perusahaan yang sudah menggunakan layanan WhatsApp Business API.

 


 

Pertama, dari segi traffic percakapan harian, 50 sesi percakapan dirasa sebagai estimasi yang pas bagi bisnis untuk mempertimbangkan penggunaan WhatsApp Business API. Dengan perkiraan jam operasional bisnis selama 8 jam per hari, 50 sesi percakapan dianggap sebagai jumlah yang cukup menyulitkan jika hanya ditangani menggunakan aplikasi WhatsApp Business biasa.

 

Kedua, dari jumlah agen. Jika sebuah bisnis memiliki agen customer service lebih dari 2 orang atau memiliki banyak outlet yang masing-masing memiliki agen customer servicenya sendiri, maka penggunaan WhatsApp Business API sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan WhatsApp Business API mendukung fitur penggunaan multi-agent dengan 1 akun yang sama dalam waktu bersamaan. Sehingga, bisnis tidak perlu memiliki banyak nomor atau akun untuk masing-masing agen customer servicenya.

 

Ketiga, dari segi penggunaan. Jika bisnis menggunakan strategi marketing atau promosi lewat WhatsApp, maka dianjurkan pula untuk menggunakan solusi WhatsApp Business API. Alasannya, WhatsApp Business biasa tidak mendukung fitur broadcast masif dalam rentang waktu tertentu. Apabila bisnis melakukan broadcast menggunakan aplikasi WhatsApp Business biasa, maka pihak WhatsApp bisa jadi akan memblokir akun bisnis tersebut karena dianggap menyalahi ketentuan penggunaan komersial WhatsApp.

 

Keempat, dari kebutuhan tertentu. Misalnya, bisnis membutuhkan layanan chatbot atau omnichannel, maka WhatsApp Business API adalah layanan WhatsApp yang dapat diintegrasikan pada teknologi-teknologi tersebut.

 

Apa Saja Persyaratan yang Harus Dipenuhi UKM atau Bisnis Untuk Menggunakan WhatsApp Business API?

 

Ada empat hal yang harus dipersiapkan UKM atau bisnis untuk menggunakan WhatsApp Business API, yakni legalitas bisnis, website, akun Facebook Business Manager, dan layanan dari WhatsApp BSP (Business Solution Provider).

 


 

Pertama, dari segi legalitas, bisnis harus berstatus PT, CV, dan/atau memiliki legalitas IUMK, firma, koperasi, dan sebagainya. Dokumen ini diperlukan WhatsApp untuk verifikasi status bisnis dipastikan legal dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Kedua, dari website, bisnis harus memiliki website dan juga email bisnis dari domain website yang sama (bukan gmail dsb). Selain itu, informasi bisnis pada website harus sesuai dengan yang tertera pada dokumen legalitasnya, seperti nama perusahaan, alamat, dan sektor bisnisnya.

 

Ketiga, akun Facebook Business Manager. Akun Facebook Business Manager perusahaan harus sudah diverifikasi oleh Facebook sebelum perusahaan bisa menggunakan layanan WhatsApp Business API.

 

Keempat, BSP. WhatsApp Business API hanya dapat diperoleh dari penyedia solusi (BSP) yang bekerjasama langsung dengan WhatsApp. Wappin adalah salah satu WhatsApp BSP yang ada di Indonesia.

 

Terkait persyaratan nomor tiga dan empat, Wappin dapat membantu bisnis mempersiapkannya, sehingga bisnis tidak perlu bingung dan kesulitan memprosesnya sendiri.

 

Apa Dampak yang Dihasilkan Setelah Penggunaan WhatsApp Business API?

 

Dampak yang dihasilkan dari penggunaan WhatsApp Business API sangat beragam. Misalnya, bisnis bisa menggunakan berbagai fitur pengiriman pesan dan pengelolaan percakapan yang meningkatkan customer experience.

 

Selain itu, bisnis bisa menggunakan chatbot serta mengintegrasikannya dengan teknologi CRM atau omnichannel yang dimilikinya. WhatsApp Business API Wappin pun dapat diintegrasikan langsung dengan iklan digital yang dibuat bisnis, baik pada Facebook, Google, LinkedIn, YouTube, maupun media sosial/iklan lainnya.

 

Bisnis juga dapat memonitor performa agen customer service yang dimilikinya secara lebih akurat dengan fitur analitik. Selain performa agen, bisnis juga dapat melihat performa campaign atau promosi yang dilakukannya. Dari segi pengiriman dan dibuka atau tidaknya pesan tersebut.

 

Salah satu klien Wappin yang telah merasakan dampak dari penggunaan WhatsApp Business API adalah Jakarta Eye Center (JEC). Selengkapnya dapat dilihat pada video singkat berikut.

 


 

Apa Bedanya Menggunakan WhatsApp Business API dengan Aplikasi WhatsApp Business Biasa?

 

Terdapat banyak sekali perbedaan yang dapat dirasakan bisnis dari penggunaan WhatsApp Business API dan aplikasi WhatsApp Business biasa.

 

Misalnya, dari segi fitur pengiriman pesan, bisnis bisa mengirimkan pesan dengan fitur button yang dapat digunakan untuk berbagai jenis penggunaan, seperti contoh di bawah ini.

 







Selain itu, bisnis dapat pula mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan kanal komunikasi lain atau jalur traffic melalui layanan omnichannel. Seluruh kanal komunikasi tersebut kemudian dapat langsung dikelola oleh bisnis melalui satu dasbor yang sama tanpa harus berpindah-pindah aplikasi.

 


 

Terkait fitur, lebih kurangnya terdapat pada tabel komparasi berikut.

 


 

Selain itu, ada pula berbagai perbedaan lain berdasarkan syarat dan ketentuan penggunaan WhatsApp, baik dari segi teknologi maupun secara komersial.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API?

 

Cara mendapatkan WhatsApp Business API cukup berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business yang bisa langsung diunduh di appstore.

 

WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan melalui layanan WhatsApp Business Solution yang diberikan oleh sebuah BSP (Business Service Provider). Salah satunya ialah Wappin, BSP yang secara resmi bekerjasama dengan WhatsApp dan menghadirkan layanan WhatsApp Business API dengan full freemium support 24/7.

 

Hubungi Wappin untuk mendapatkan layanan WhatsApp Business API sekarang juga.

Tulis Komentar

Komentar 0

Jelajahi Artikel lainya

Event
Menjaga dan Meningkatkan Komunikasi Selama Pandemi Dengan WhatsApp Business API
September 24, 2021
Event
Wappin Talks Januari Bahas Pentingnya Optimasi SEO Dalam bisnis Anda!
February 19, 2021
Event
Free Ebook: Menghadirkan Customer Knowledge Yang Baik Dalam Bisnis
November 5, 2021
Event
Wappin Hadir di Acara Wellshared Fest 2021, Bahas Pentingnya Aplikasi Chat Dalam Bisnis
May 5, 2021
Event
CoLearn x Wappin: Optimasi Customer Service Melalui Messenger Platform Paling Populer di Dunia
November 22, 2019

Download E-Book Terbaru Dari Wappin

map
Jelajahi pustaka freemium Wappin dan dapatkan berbagai insights tentang customer relationship management yang bisa kamu implementasikan di bisnismu. See Detail